Monday, January 20, 2020

MEMBUATNYA BAHAGIA SAMPAI KAPANPUN

  Bagaiman kita bisa membuat orang tua bisa jadi nyaman.jadi ya kita harus bicara dengan orang tua.seperti apa yang membuatnya happy. keinginanya apa. 


  Dan selalu diingat,berkomunikasi dengan orang tua memang harus benar jurus-jurusnya."kadang Kalau berbicara dengan lansia kita enggak boleh kencang.karena mereka malah tak akan dengar.sebalikya. kalau kita berbisik mereka malah bisa dengar. 

  Untuk mengetahui keinginan orang tua.ya kita harus paham apa saja yang d hadapi lansia.dari berbagai penelitian sering di sebut bahwa orang tua lansia lebih baik bersosialisasi ketimbang di rumah.karena secara tak langsung akan melatih,Suasana hatinya jadi juga jadi lebih bahagia.sehingga penyakit tidak mudah menyerang. 


  Bukan cuma bersosialisasi dan bertemu dengan teman-temanya,ada juga orang tua yang punya kebutuhan menyalurkan hobinya,misalnya berkebun dan menjahit.dengan begitu.orang tua kita memiki banyak kegiatan yang bisa dilakukan.ini di anggap lebih baik ketimbang hanya nonton TV saja di rumah."Dengan demikian kualitas hidupnya jadi lebih baik"

  Setelah mengetahui kebutuhan yang diinginkan mereka,saatnya kita berkomitmen untuk merawat mereka
dengan baik.ada beberapa hal yang tak boleh dilewatkan,di antaranya memerhatikan pola makannya agar bisa makan dengan benar dan sehat."Kalau lansia itu sekali makan, porsinya sedikit," 


  Selain memerhatikan pola makan, kita juga memfasilitasi outdoor activity-nya. Misalnya diawali dengan mengajak berjemur secara rutin, senam, dan melakukan kegiatan yang di ingini tadi. Kita bisa berbagi tugas untuk saling mengawasi dan menemani selama
orangtua berkegiatan, mengingat kondisi
Fisiknya yang sudah tidak muda lagi. "Untuk lansia, kan risiko terjatuh besar"

Langkah berikutnya,Peran Doktor, ya tentu saja rajin mengajak orangtua untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.Ini penting,sebab dengan begitu kita jadi bisa mengetahui perkembangan kesehatan orang tua.Selain itu, kita juga bisa mencegah lebih dini penyakit yang biasa mudah mengancam orang tua.


, misalnya stroke,diabetes,dan lainnya. "Jadi konsultasikan ke dokter, paling tidak sebulan sekali, sehingga kulitas hidupnya jadi lebih baik,"

Masih merasa ribet mengasuh orang tua?
Janganlah.Karena jika kita sungguh-sungguh benar mengasuh mereka-di sadari atau tidak - yang kita lakukan menjadi pembelajaran buat anak kita yang akan melakukan hal serupa, 20 atau 30 tahun yang akan datang. 

IKUT KLUB LANSIA ATAU REKRUT CAREGIVER ( PENGASUH) 

Satu kegiatan yang biasanya akan membuat peran orang tua berbahagia adapah dengan bertemu dengan seumuran mereka. 

   Karenanya, boleh di anjurkan pada orang tua agar bisa bersosialisasi dengan ikut komunitas, misalnya dengan klub lansia.karena di sini orang tua bukan hanya berinteraksi dengan teman-temanya,tapi juga bisa di pantau kesehatannya.

  Biasanya setiap sebulan sekali,komunitas
lansia di di RS manapun berkumpul.
bersama,bisanya mereka senam bersama, 
melakukan cek kesehatan,dan seminar tentang kesehatan.Sesekali juga
mengadakan senior tour bersama seluruh angota.semuanya itu dilakukan dengan pengawasan tenaga berpengalaman.punya asisten perawat yang berpengalaman.

Caregiver. yang ada di klub lansia itu
dlatih sehingga memiliki keahlian yang
baik menangani lansia, misalnya mulai cara berkomĂșnikasi,mengetahui perawatan dasar lansia,hingga memahami diagnosa awal terhadap penyakit yang biasa diderita lansia. Bahkan jika diperlukan, caregiver juga bisa dipanggil ke rumah.


Penulis : Rici saputra 
YouTube : Peri Irawan93

No comments:

Post a Comment

TIPS MENYIAPKAN DANA PENDIDIKAN

  Meskipun referensi bertaburan di mana-mana, Orang masih suka keliru merancang biaya pendidikan buat si kecil. jangan-jangan belum lahir pu...